Hukum Qurban Paling Penting Pada Idul Adha

hukum kurban

Momen lebaran haji menjadi salah satu momen lain selai lebaran yang menjadi ajang untuk saling bermaafan. Banyak orang yang pastinya pada lebaran ini akan melakukan maaf-maafan untuk mendapatkan hidayah yang baik. Lebaran haji ini juga menjadi salah satu ajang untuk kita yang ingin melakukan kurban karena ini merupakan saat yang paling tepat. Kurban yang bisa diberikan dapat berupa daging sapi maupun daging kambing.

Jika akan melakukan kurban ini sebenarnya ada beberapa persyaratan yang bisa kita lakukan dengan mudah. Persyaratan ini juga yang akan membuat kita jadi lebih mudah dalam melakukan kurban dan juga menjadikan ini lebih bermakna dalam hidup kita. Berikut ini adalah syarat yang diberikan antara lain:

  1. Hewan kurban usianya harus sesuai, ini merupakan salah satu syarat yang utama karena jika usianya belum sesuai maka tidak akan sah pastinya kurban seseorang. Umur yang diwajibkan untuk hewan ini adalah minimal setengah tahun atau 6 bulan.
  2. Hewan harus sehat, ini menjadi syarat yang mutlak. Di dalam tubuh hewan ini tidak boleh ada cacing yang membahayakan dan juga tidak boleh ada binatang membahayakan yang dapat membahayakan mereka yang akan mengkonsumsi daging ini nantinya. Hewan ini juga tidak boleh cacat karena ini merupakan salah satu hal yang sangat amanah.
  3. Hewan merupakan hewan ternak, ini menjadi syarat yang penting sekali untuk Anda yang ingin berkurban dimana hewan ternak ini dapat berupa sapi, kambing, unta dan juga domba.
  4. Hewan harus milik sendiri, ini juga menjadi syarat yang penting sekali dan membuat kita harus memiliki hewan kurban ini sendiri. Meskipun nantinya hewan ini akan dikurbankan atas nama orang lain. Hewan tidak boleh hasil dari curian pastinya.

Pada saat hari penyembelihan ini maka kita juga harus ikut hadir dalam menyaksikan penyembelihan ini. Tentu saja ini merupakan hal yang wajib sekali agar kurban kita juga akan menjadi sah dimata agama. Jika memungkinkan maka kita yang bisa menyembelih hewan ini sendiri. Namun hal ini tidak diwajibkan sebenarnya.

Jika akan membeli hewan ini dan ingin mendistribusikan hewan ini ke tempat yang membutuhkan memang saat ini sudah bisa. Kita bisa mencari lembaga yang memang bisa membantu kita mendistribusikan kurban kita. Biasanya memang mereka yang akan memberikan hewan ini atau kita yang membeli secara langsung.

Berkurban sebenarnya bisa dilakukan siapa saja karena ini merupakan sunnah. Jika kita akan menjalankan hukum qurban ini juga menjadi hal yang wajib agar kurban kita bisa diterima. Jangan sampai takut dalam berkurban karena dengan niat yang tulus maka kurban ini bisa menjadi pahala untuk kita.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*