Peran dan Manfaat Lembaga Kemanusiaan di Indonesia

lembaga kemanusiaan di indonesia

Lembaga kemanusiaan merupakan lembaga yang bergerak dalam bidang dan masalah kemanusiaan yang ada di dunia. Lembaga ini termasuk dalam lembaga nonprofit layaknya dengan LSM, Komnas HAM, atau juga LBH. Semuanya mempunyai tujuan masing-masing yang akan membantu orang baik dalam masalah hukum, orang yang tidak mendapatkan perlakuan adil dan melanggar HAM yang dimilikinya, atau juga masalah lainnya tergantung dari jenis lembaga itu sendiri.

Untuk lembaga kemanusiaan ini sendiri bisa dibedakan dari berbagai hal. Baik dari pendirinya, skalanya, dan masih banyak lainnya. Dimana di Indonesia juga terdapat berbagai lembaga kemanusiaan yang bergerak dan mempunyai tujuan untuk dapat membantu masyarakat yang ada di Indonesia. Tetapi juga bukan hanya membantu masyarakat yang ada dalam Indonesia sendiri, lembaga kemanusiaan di Indonesia juga turut serta meringankan masyarakat internasional karena fungsinya memang bukan hanya mensejahterakan dan membantu masyarakat sendiri tetapi juga secara umum sehingga dunia bisa untuk lebih baik dengan mengurangi penderitaan yang dirasakan oleh banyak orang di dunia.

Tetapi lembaga kemanusiaan di Indonesia ini biasanya mempunyai fungsi sendiri yang juga turut membantu masalah kemanusiaan yang ada dalam Indonesia. Pertama adalah ketika terjadi bencana alam. Sudah bukan menjadi rahasia lagi apabila negara ini selalu dihantui oleh berbagai bencana alam dari banjir bandang yang terjadi setiap tahun, kadang juga gempa bumi di berbagai daerah, gunung meletus, tsunami, dan juga tanah longsor. Berbagai hal bencana tersebut dikarenakan karena kondisi alam Indonesia yang memang sudah dirusak ataupun karena posisi Indonesia yang merupakan negara di antara cincin api sehingga banyak dihantui oleh berbagai bencana.

Ketika terjadi bencana alam di Indonesia itulah lembaga kemanusiaan yang ada di Indonesia akan bergerak secara langsung dan nyata. Dimana hal yang akan dilakukannya adalah seperti:

  • Datang ke lokasi bencana secara langsung dan membantu masyarakat korban bencana untuk dapat dibantu baik secara materil ataupun moril.
  • Membawa bantuan makanan, pakaian, selimut, pembalut, dan berbagai hal lainnya yang diperlukan oleh masyarakat dalam pengungsian.
  • Membawa obat-obatan yang diperlukan dan juga untuk mencegah penyakit pasca banjir yang selalu ada karena kondisi lingkungan yang tidak sehat.

Selain untuk membantu bencana alam yang sering terjadi di Indonesia, lembaga kemanusiaan tersebut juga sering membantu dalam banyak event misalnya membantu untuk menyediakan buka dan sahur untuk orang membutuhkan dan tidak punya tempat tinggal. Selain itu juga membantu masyarakat yang mengalami masalah seperti human trafficking, masalah yang berhubungan dengan bencana, dan masih banyak lainnya. Dimana lembaga kemanusiaan tersebut juga bisa untuk mengumpulkan dana yang digunakan untuk kegiatan kemanusiaan terutama menampung donasi dari masyarakat yang ingin berpartisipasi korban bencana secara materil.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*