Ingin Mendapatkan Kambing Kurban Murah? Simak Tipsnya Berikut Ini!

kambing kurban murah

Idul Adha tinggal menghitung hari. Tentunya kesibukan menjelang Hari Raya Idul Adha sudah mulai terasa mulai dari mempersiapkan masjid untuk sholat Ied, mempersiapkan tempat sembelihan hewan kurban dan banyak sekali masyarakat yang sedang mencari hewan kurban. Untuk keperluan berkurban, agama Islam sendiri sudah menetapkan beberapa persyaratan untuk hewan yang dikurbankan diantaranya sehat, tidak memiliki cacat, dan pastinya didapatkan secara halal.

Untuk jenis hewan yang dikurbankan adalah hewan ternak. Di Indonesia sendiri yang kerap dijadikan hewan kurban adalah sapi, domba dan kambing. Meski memang dapat diakui jika harga hewan kurban menjelang Idul Adha selalu naik, namun tidak membuat niat masyarakat dalam berkurban menjadi luntur. Masyarakat tetap aktif dan senang dalam pencarian hewan kurban terutama mendekati waktu Idul Adha.

Namun alangkah baiknya jika mendapatkan sapi atau kambing kurban murah demi keperluan berkurban sehingga bisa lebih menghemat pengeluaran. Jika Anda ingin mendapatkan hewan kurban dengan harga yang lebih miring, maka usahakan untuk mencarinya di lokasi peternak khusus yang sudah memiliki lapak sendiri karena harganya cenderung lebih stabil. Berbeda jika Anda membelinya di pasar kaget atau pasar musiman yang banyak tersedia di jalanan yang kerap tersedia menjelang Idul Adha karena mereka kerapkali memasang harga yang cukup tinggi.

Untuk cara kedua, Anda juga dapat mengakali dengan membeli hewan kurban jauh hari sebelum waktu Idul Adha tiba sehingga harganya masih cenderung stabil seperti harga biasanya. Meski begitu, Anda juga harus memikirkan terkait perawatan hewan kurban tersebut bukan? Kini sudah banyak sekali jasa peternak yang mau menerima jasa titip hewan kurban. Untuk jasa titip ini, biasanya tidak terlalu mahal sehingga bisa lebih menghemat biaya pengeluaran Anda.

Meski ingin membeli hewan kurban dengan harga yang terjangkau, namun pastikan kualitas dari hewan kurban tersebut tetap menjadi prioritas. Berikut ini beberapa tips memilih hewan kurban yang berkualitas dan aman dikonsumsi:

  1. Pastikan untuk membeli hewan kurban yang lincah karena sapi atau kambing yang lincah menandakan jika hewan tersebut sehat. Berbeda halnya jika sapi atau kambing tersebut loyo yang berarti hewan tersebut sakit.
  2. Periksa juga bagian bulu dan lubang pada hewan dimana hewan yang sehat tidak akan mengeluarkan cairan dari mata, mulut, hidung hingga anus.
  3. Selain itu gigi susu dari hewan pun juga perlu diperiksa sehingga bisa diketahui usianya sudah cukup atau belum.

Jangan risih melihat kotoran hewan karena dari kotoran itu juga bisa diketahui kesehatannya. Kotoran hewan kurban yang sehat berbentuk padat. Sedangkan untuk kotoran hewan yang sakit cenderung berbentuk lembek dan seperti cair.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*