Cara Membersihkan Botol Susu Bayi Yang Benar

Cara Membersihkan Botol Susu Bayi Yang Benar

Botol susu bayi sangat penting untuk selalu dalam kondisi bersih dan steril karena botol ini akan digunakan untuk bayi minum susu baik itu susu formula ataupun ASI. Cara membersihkan botol susu bayi bukanlah sebuah masalah sepele karena apabila botol susu bayi tidak dibersihkan secara benar dapat menyebabkan tumbuhnya bakteri yang dapat menyebabkan anak anda menjadi sakit. Oleh karena itu pastikan anda mencuci botol susu ini dengan cara yang benar dan tepat.

Cara Membersihkan Botol Susu Bayi

Adapun cara membersihkan botol susu bayi yang benar ialah sebagai berikut :

1. Gunakan Sabun

Membersihkan sisa-sisa susu baik yang baru atau yang sudah mengeras tidak dapat dilakukan dengan hanya mengunakan air maka pastikan anda menggunakan sabun khusus cuci piring untuk mencuci botol susu.

2. Bilas Dengan Air

Setelah botol susu dicuci dengan menggunakan sabun hingga benar-benar menyeluruh maka bilas botol susu dengan air mengalir hingga seluruh sabun telah terbilas dari semua bagian botol susu.

3. Sterilisasi

Setelah tidak ada sisa sabun pada seluruh bagian botol maka lakukan sterilisasi botol. Cara sederhana untuk sterilisasi botol susu ialah dengan memanaskan air pada panci lalu setelah air mendidih kecilkan api dan masukan botol susu lalu tutup dengan tutup hingga uapnya tetap terjaga, lalu biarkan hingga mendidih dan matikan kompor lalu angkat botol susu keringkan dan simpan di tempat yang tertutup dan bersih.

Demikianlah cara membersihkan botol susu bayi yang benar dan tepat, salah satu faktor terpenting dalam mencuci botol susu bayi ialah penggunaan sabun, sebaiknya hindari penggunaan sabun colek ataupun detergen karena sabun jenis ini mungkin saja masih tertinggal di botol susu dan juga sabun ini mengandung bahan kimia yang berbahaya. Jenis sabun cuci yang sebaiknya anda gunakan ialah sabun cari seperti Sunlight Plus Anti Bakteri yang mengandung jeruk nipis asli dan kandungan anti bakteri sehingga tidak hanya mampu untuk memberikan aroma harus namun juga mampu membunuh bakteri-bakteri yang berasal dari kotoran.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>