Mengetahui Syarat Donor Darah Untuk Tetap Sehat

donor darah yuk

Darah merupakann hal yang sangat berguna dan penting didalam kehidupan manusia. Darah berfungsi untuk mengantarkan segala jenis sari-sari makanan yang ada di dalam tubuh manusia untuk diedarkan keseluruh tubuh. Banyak kasus dimana seseorang memerlukan penambahan darah karena darahnya habis karena pendarahan akibat kecelakaan, melahirkan dan sebagainya. Jika tidak mendapatkan pertolongan maka orang-orang tersebut akan kehilangan nyawanya atau bisa berada dalam keadaan kritis. Namun sekarang  sudah banyak orang  yang menyadari hal tersebut dan ikut turun dalam aksi donor darah yaitu melakukan pendonoran darah yang nantinya akan digunakan sebagai penambah darah baggi orang yang memerlukan. Namun untuk melakukan yang namanya donor darah, kita harus memperhatikan syarat donor darah yang harus di ketahui agar nantinya setelah melakukan donor darah bukan kita yang malahan menderitta sakit dan membutuhkan bantuan darah tambahan.

Syarat donor darah ada beberapa hal diantaranya kesehatan si pendonor, setelah itu massa tubuh, selain itu daya tahan tubuh, dan tekanan darah dari si pendonor. Sebelum mengulas lebih dalam perlu diingat bahwa kegitan mendonorkan darah adalah kegiatan yang sangat baik untuk masa depan karena bisa menjaga kesehatan kita secara lebih maksimal kedepannya. Kembali lagi ke syaratnya, yang pertama kita harus memastikan kesehatan tubuh kita serta daya tahan tubuh kita. Sebelum kita melakukan donor darah terlebih dah ulu kesehatan kita akan di cek apakah layak atau tidak untuk melakukan donor darah. Selain itu juga diiperhitungkan adalah massa tubuh, biasanya jika kita terlaalu kurus maka kita akan tidak disarankan untuk melakukan donor darah. Hal selanjutnnya yang juga cukup penting adalah tentang tekanan darah kita, ada batas tertentu yang diperbolehkan untuk kta melakukan transfuse darah. Sebelum kita melakukan donor darah ada baiknya seminggu sebelum kita melakukan donor darah, lakukanlah pola hidup sehat agar ketika kita tiba pada saat mendonorkan darah kondisi kita dalam kondisi yang fit.

Syarat donor darah diatas  bisa menjadi acuan bagi kita yang ingin untuk mendonorkan darah kita untuk keperluan orang lain. Namun jangan sampai donor darah yang kita lakukan malah membuat diri kita menjadi sakit-sakitan dan lemas. Maka dari itu penting untuk melakukan pola hidup sehat sebelum dan sesudah melakukan yang namanya donor darah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*