5 Kuliner Khas Jawa Barat Yang Enak

Kuliner
Cireng Kuliner Khas Jawa Barat

5 Kuliner Khas Jawa Barat Yang Enak

Jawa Barat merupakan daerah yang memiliki banyak makanan khasnya. Dan sebagian besar kuliner khas Jawa Barat memiliki rasa yang pedas, hal tersebut karena udara di Jawa Barat relative lebih sejuk dan dingin, sehingga masyarakat banyak yang menyukai makanan pedas, namun makanan Jawa Barat tidak hanya yang berasa pedas saja, masih banyak yang lainnya.

Untuk itu berikut informasi tentang 5 makanan khas Jawa Barat yang enak.

  1. Karedok

Karedok merupakan makanan khas Jawa Barat. Menariknya, semua bahan sayuran karedok ini disajikan dalam keadaan segar dan tanpa melewati proses pemasakan, sehingga kandungan gizi maupun seratnya sangat tinggi.

  1. Lotek

Lotek merupakan makanan yang mirip dengan pecel, karena bahan Lotek berupa beberapa sayuran yang direbusĀ  kemudian dilumuri dengan sambal dan bumbu kacang. Menariknya, terkadang sambalnya ditambahi dengan tempe. Dan bumbunya ditambahi gula merah, bawang putih, dan telari.

  1. Sego lengko

Sego lengko atau yang berarti nasi lengko adalah makanan khas Jawa Barat yang berbahan 100 persen nabati. Karena makanan ini berbahan nasi putih, tempe, tahu, mentimun, tauge, daun kucai, kacang, bawang goreng, dan kecap manis. Hal tersebut membuat makanan ini kaya akan serat protein dan rendah kalori. Namun ada beberapa orang yang menyajikan sego lengko dengan sate kambing yang disajikan terpisah, hal tersebut untuk menambah selera makan.

  1. Comro

Comro merupakan makanan khas Jawa Barat. Nama comro ini merupakan kependekan dari oncom di jero yang artinya oncom di dalam, hal tersebut karena comro berasal dari bahan singkong yang diparut kemudian dibentuk bulat dan bagian dalamnya diisi dengan sambal oncom, setelah itu digoreng. Comro lebih nikmat jika dimakan saat masih hangat.

  1. Cireng

Nama cireng merupakan kependekan dari aci goreng yang artinya tepung kanji goreng. Jadi cireng ini berbahan tepung kanji yang dicampur dengan terigu, bawang putih, merica, daun bawang, kedelai, dan garam. Setelah itu adonan tersebut digoreng, dan menciptakan rasa dan tekstur yang khas.

Itulah informasi tentang 5 makanan khas Jawa Barat yang enak. Dan semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*