Kuliner Khas Gorontalo yang Tak Boleh Terlewat Untuk Dicoba

Kuliner Khas
Binte Biluhuta Khas Gorontalo

Kuliner Khas Gorontalo yang Tak Boleh Terlewat Untuk Dicoba

chaturbatetokenhacks.net – Gorontalo punya banyak sekali kuliner khas yang bercita rasa lezat. Sehingga jika anda sedang merencanakan untuk datang ke Gorontalo, jangan sampai ketinggalan untuk mencoba kuliner-kuliner lezat dan khas di sana. Banyak kuliner unik dan menarik yang hanya bisa anda temui di Gorontalo saja. Sehingga jangan sampai waktu di Gorontalo tidak anda menfaatkan untuk berkeliling mencicipi kuliner yang khas.

Nah, berikut ini ada beberapa rekomendari kuliner khas dari Gorontalo yang patut untuk anda coba :

  • Ayam Iloni

Kuliner yang khas tidak heran jika punya nama yang juga khas. Ayam Iloni ini adalah makanan khas dari Gorontalo yang sangat cocok untuk para pecinta pedas karena memang disajikan dalam sensasi pedas gurih. Dalam hal penampilan, Ayam Iloni sekilas terlihat seperti ayam bakar pada umumnya. Akan tetapi saat sudah dicicipi, bumbu khas lezat lah yang menjadi keistimewaan kuliner satu ini. Bumbunya terbuat dari rempah-rempah pilihan terbaik. Mulai dari bawang merah, kemiri, kunyi, jahe, dan masih banyak yang lainnya.

  • Binte Biluhuta

Gorontalo adalah salah satu provinsi di Indonesia ini yang telah dikenal menjadi daerah penghasil jagung. Sehingga wajar saja jika memang Gorontalo juga punya kuliner khas dari jagung. Salah satunya yang terkenal adalah kuliner Binte Biluhuta. Binte Biluhuta bisa diartikan sebagai jagung yang disiram. Untuk masyarakat Gorontalo sendiri, kuliner kini juga bisa disebut sebagai milu siram. Binte Biluhuta merupakan kuliner biji jagung yang sudah dipisahkan dari batangnya, kemudian dimasak dan disajikan dengan kuah khas berbumbu rempah-rempah dan juga parutan kelapa. Biasanya Binte Biluhuta juga dilengkapi dengan topping berupa suwiran daging ikan.

  • Ilabulo

Ilabulo menjadi kuliner khas di Gorontalo yang sering disantap saat perut terasa keroncongan. Dari penampilannya, Ilabulo sekilas mirip dengan pepes pada umumnya. Akan tetapi ternyata jauh berbeda, termasuk juga bahan pembuatannya sehingga cita rasa yang dihadirkan pun berbeda dengan pepes. Ilabulo terbuat dari sagu dan juga hari auam sebagai isiannya. Kemudian memasknya menggunakan santan sehingga Ilabulo punya rasa yang gurih. Ditambah lagi, saat proses pembuatan, Ilabulo ini dibungkus dengan daun pisang. Jadi punya cita rasa lezat dengan aroma khas daun pisang yang membuat cita rasanya semakin komplit.

Semoga menambah pengetahuan anda tentang kuliner khas nusantara!!!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*